Mubes VI IKBR, Prof Sihol Situngkir: Riau Maju Bila SDM Unggul Didukung Orang Batak -->

VIDEO

Mubes VI IKBR, Prof Sihol Situngkir: Riau Maju Bila SDM Unggul Didukung Orang Batak

Minggu, 23 Oktober 2022

Prof Sihol Situngkir Hadir Sebagai Narasumber SDM Unggul di Riau.

GREENBERITA.com- Guru Besar Manajemen Konsentrasi SDM Unggul (Human Fesources Champions) Prof Dr Sihol Situngkir diundang khusus guna memotivasi ribuan orang Batak pada acara Mubes VI Ikatan Keluarga Batak Riau (IKBR) di Hotel Arya Duta Pekanbaru, Jumat (21/10/2022). 

Diawali lagu Indonesia Raya, Mubes VI IKBR dibuka langsung oleh Wakil Guberbur Riau Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution yang juga dihadiri Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun serta diiringi Lagu Lancang Kuning dan Lagu O Tano Batak serta doa serta tarian dari 7 puak Batak.

Diskusi panel yang dimoderatori Dr Viator Butar Buta menampilkan 2 narasumber yaitu Dr. Drh. Chaidir sebagai Pakar Kebudayaan Melayu dan Prof Dr Sihol Situngkir sebagai Pakar Manajemen SDM yang kesehariannya bertugas sebagai Staf Ahli di Kementerian Sekretariat Negara di Jakarta dan giat meneliti dan menelaah SDM unggul di Indonesia.

"Gagasan 2 variabel tagline yakni SDM Unggul dan Indonesia Maju jika SDM nya unggul, bahkan Provinsi Riau bisa maju jika SDM nya unggul yang didukung oleh orang Batak yang unggul," ujar Prof Sihol Situngkir. 

Mantan Rektor Unika St Thomas Medan ini menyatakan pesan penting motivasi meliputi: 

1) Poda Na Lima; 
2). Dalihan Natolu; 
3). Karakter Menuju Orang Batak Berkualitas; 4). Partisipasi Orang Batak Dalam Pembangunan Provinsi Riau dan Indonesia dan 5). Peran Pendidikan Informal Guna Melahirkan dan Membentuka Generasi Emas Batak 2045 di Provinsi Riau. 

Peserta Mubes VI IKBR berhasil memilih secara aklamasi Dr Aripin Bantu Purba, MH sebagai Ketua Umum IKBR Periode 2022-2027. (22/19/2022)

Dengan gaya presentasi yang amat memukau, Prof Sihol Situngkir mengajukan 2 Quiz tentang Poda Na Lima dan Scenario Plannig 2045 mengenai SDM Unggul Masyarakat Batak. 

"Ternyata masyakat Batak asal Mandailing lebih hafal Poda Na Lima dibanding orang Batak dari puak lain namun SDM Unggul Emas untuk mengisi Bonus Demografi menjelang 100 tahun Indonesia berhasil direspon dengan baik oleh peseta Br Sihaloho dari puak Toba," tegas Prof Sihol Situngkir. 

Hadiah Quiz yang disponsori oleh Smartfen Region Sumatera, langsung diserahkan oleh Regional Manager North Sumatera PT. Smarfren Telecom Frinando Purba disaksikan Ketua Umum IKBR dan Ketua Panitia Mubes VI IKBR Bpk Ferry Shandra Pardede, SE, MA.

Sementara itu, Ketua Umum IKBR Tumpal Hutabarat, SE, MM mengaku sudah lama mengenal Prof Sihol Situngkir sebagai Sekjen KMDT dan kepakaran yang dimilikinya.

"Secara pribadi saya mengakui dan mengapresiasi kehadiran beliau di Acara Mubes ke VI ini," ujar Tumpal Hutabarat. 

Ketum IKBR yang sudah 2 periode menjabat ini dinilai telah berhasil menakodai IKBR dan merampungkan amanat AD/ART hingga berlangsung dengan sukses Mubes VI Tahun 2022. 

"Kepemimpinnya telah banyak membawa perubahan dan simpatik masyarakat Batak di Provinsi Riau, terbukti dengan membludaknya undangan yang hadir di Ballroom Hotel Arya Duta hingga Panitia kewalahan mesti menambah kursi kursi dan logistik," ujar Prof Sihol Situngkir. 

Prof Sihol Situngkir menerima Piagam dan plakat penghargaan dari IKBR. 

Di akhir sesi Diskusi, Prof Dr Sihol Situngkir menerima Piagam Penghargaan dan Plakat dari IKBR yang diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Penasehat IKBR, Fachrudin Sihombing, mantan Anggota DPR RI dan Pengusaha Batak sukses di Riau.

Diakhir acara setelah melewati proses persidangan, akhirnya secara aklamasi sepakat mendaulat Dr. Aripin Bantu Purba, SH, MH sebagai Ketum IKBR Periode 2022 - 2027.

"Selamat kepada Dr Aripin Purba dan aparaturnya untuk memimpin IKBR guna meningkatkan partisipasi orang Batak dalam rangka mendukung program pembangunan Provinsi Riau khususnya dan Indonesia umumnya," pungkas Prof Sihol Situngkir mengapresiasi. 

(Gb-ferndt01)

Loading...