Notification

×

Iklan

Iklan

JPU Kejatisu Teliti Berkas Para Tersangka Kasus Kerangkeng Manusia Bupati Langkat Nonaktif

3 Jun 2022 | 22:41 WIB Last Updated 2022-06-03T15:41:20Z

Ket Foto : Kerangkeng Manusia Bupati Langkat Nonaktif Terbit Rencana Perangin Angin.

MEDAN.GREENBERITA.com
-- Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara (Sumut) meneliti berkas perkara 8 tersangka kasus kerangkeng manusia di rumah Bupati Langkat Nonaktif Terbit Rencana Perangin Angin.


Kajati Sumut Idianto, SH MH melalui Kasi Penkum Kejati Sumut Yos A Tarigan SH MH saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (3/6/2022) menyampaikan bahwa berkas perkara 8 tersangka saat ini sedang diteliti berkasnya oleh jaksa yang telah ditunjuk menangani perkaranya.


Berkas perkara 8 tersangka adalah SP, TS, HS, IS, RG, DP, JS dan HG. Sementara mantan Bupati Langkat TRP yang menjadi tersangka kesembilan dalam kasus ini, kini ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus tindak pidana korupsi. Untuk tersangka TRP kita baru menerima SPDP-nya.


"Kita telah terima berkas pelimpahan tahap 1 untuk diteliti kelengkapannya baik formil dan materil.Kalau belum lengkap maka akan dikembalikan ke penyidik Polda Sumut untuk dilengkapi," kata Kasi Penkum.


Lebih lanjut diaktakan Yos menyebutkan bahwa ketajaman seorang JPU sebagai pengendali kebijakan penuntutan (dominus litis) akan menuntun penyidik bila kurang lengkap dalam menyusun berkas dan memberikan petunjuk baik formil maupun materilnya.


“Setelah dilakukan penelitian oleh Tim Jaksa Bidang Pidum Kejatisu, apabila berkas lengkap formil dan materil, selanjutnya jaksa tinggal menunggu pelimpahan tersangka dan barang bukti (tahap II) dari tim penyidik Polda Sumut," pungkasnya.


(Gb--Raf)