Kapoldasu 'Tarik' Kombes Riko Sunarko dari Jabatan Kapolrestabes Medan -->

VIDEO

Kapoldasu 'Tarik' Kombes Riko Sunarko dari Jabatan Kapolrestabes Medan

Sabtu, 22 Januari 2022

Ket Foto : Kapoldasu Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak saat memberikan keterangan di Mapoldasu. (istimewa)

MEDAN, GREENBERITA.COM
-- Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengambil tindakan untuk sementara waktu menarik Kapolrestabes Medan yang dijabat Kombes Pol Riko Sunarko. Menurutnya, ditariknya sementara waktu Kombes Riko Sunarko dari jabatan Kapolrestabes Medan untuk menjalani pemeriksaan dalam kasus dugaan suap.


"Mulai malam ini Kombes Riko yang menjabat sebagai Kapolrestabes Medan saya tarik untuk sementara waktu menjalani pemeriksaan di Propam Polda Sumut," kata Irjen Panca didampingi Waka Polda Sumut Brigjen Pol Dadang Hartanto, Jumat (21/1/2022) malam.


"Untuk penggantinya Irwasda Polda Sumut Kombes Pol Armia Fahmi akan menjabat sebagai pelaksana harian Kapolrestabes Medan," sambung Kapolda Sumut.


Diketahui, nama Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko, disebut-sebut dalam sidang kasus pencurian uang Rp650 juta yang dilakukan anggota Sat Res Narkoba Polrestabes Medan saat menggerebek rumah terduga bandar narkoba di Jalan Menteng, Medan.


Dalam sidang di Pengadilan Negeri Medan itu, pengacara terdakwa Ricardo mengaku, Kombes Riko Sunarko memakai sisa uang pencurian (suap) senilai Rp75 juta, untuk beli sepeda motor hadiah bagi anggota Koramil 13 Percut Seituan atas nama Peltu Eliyaser, yang berhasil mengungkap kasus peredaran ganja kering.


Panca mengaku, sudah membentuk tim gabungan Propram dan Reskrim untuk mendalami siapa nama anggota yang memberikan keterangan di Pengadilan Negeri Medan tersebut.


"Saat ini Tim sedang bekerja dan kita tunggu hasilnya. Tetapi perlu saya tegaskan bahwa dalam pemeriksaan berkas perkara baik yang ditangani Propam maupun Dit Reskrimum Poldasu, serta yang saat ini sedang berjalan pemeriksaan di PN Medan yang bersangkutan (terdakwa) tidak bisa menjelaskan bahwa Kapolrestabes Medan menerima suap seperti apa yang disampaikan di persidangan. Sehingga hal ini juga menjadi materi pendalaman," akunya.


Panca kembali menegaskan tidak akan ragu menindak tegas Kapolrestabes Medan apabila terbukti melakukan suap sebagai yang dijelaskan yang bersangkutan tersebut.



(Gb--Diaz)

Loading...