Lestarikan Tenunan Ulos Mangiring, BPNB Gelar Fashion Show Ulos di Huta Ginjang -->

VIDEO

Lestarikan Tenunan Ulos Mangiring, BPNB Gelar Fashion Show Ulos di Huta Ginjang

Radio samoir Green
Rabu, 03 November 2021


GREENBERITA.com
- Sebanyak 60 model mengikuti Fashion Show dengan pakaian berbahan ulos di Geosite Kaldera Toba Huta Ginjang, Tapanuli Utara pada Sabtu, 30 Oktober 2021.


Dalam Aksi Fashion Show bertema Torsani Ulos Mangiring ini tampak para model dengan balutan kain ulos imemeragakan busana dari 20 desainer di seantero Kawasan Danau Toba.


Aksi Fashion show dengan bahan utama ulos tenunan ini merupakan bagian dari program kerja Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh dan Sumatera Utara bersama seluruh pemerintah kabupaten di Kawasan Danau Toba yang diberi tagline dari Aceh ke Toba.
Tak kalah dengan model papan atas, mereka berlenggak-lenggok di atas karpet merah dengan latar belakang Danau Toba dengan senyuman indah dan gerakan menawan siapapun yang melihat generasi muda bangsa ini untuk menjadi duta ulos kesegenap negeri nantinya.
"Dengan kegiatan ini, kita berharap para anak muda generasi bangsa ini mempunyai jati diri untuk melestarikan ulos sebagai bagian budaya nenek moyangnya," ujar Kepala BPNB Aceh, Nurmantyas.
Menurutnya, dengan kebersamaan dan keinginan bersama menjadikan ulos sebagai budaya dan industri rumah tangga yang berseni tinggi maka akan meningkatkan kesejahteraan para wanita Partonun yang selama ini menggelutinya.
"Sehingga tidak lah menjadi hal mustahil ulos kedepannya bukan hanya warisan Danau Toba tapi menjadi warisan dunia yang diakui oleh UNESCO," pungkas Nurmantyas.
Pelataran destinasi wisata Huta Ginjang seolah berubah menjadi rumah model merek-merek terkenal. Semua mata dan lensa kamera tertuju pada 60 model yang bergantian menebar pesona dalam balutan ulos yang dirancang menjadi busana Batak nan indah.
Guna mencari perhatian sembari berharap nilai plus dari dewan juri, para model muda ini berjalan ibarat seekor burung toba yang anggun, satu per satu mereka melangkah dengan percaya diri.
Bahkan teriakan dan tepuk tangan spontan terlontar setiap para model meliukkan badan, berputar dan mengibaskan baju ulos yang membalut tubuhnya.
"Saya bangga menjadi bagian kegiatan ini dan dipercaya sebagai juri untuk memilih para model dan designer terbaik di seantero Danau Toba, semoga semakin tampil baik kedepannya," ujar Ria Gurning, salah satu dewan juri dari 3 juri yang dipercaya panitia Fashion Show ini.
Sementara itu, Kurator BPNB Aceh di Kawasan Danau Toba, Tetty Naibaho, S.Sos menyampaikan pola kompetisi serta target yang dituju peragaan busana berbahan ulos ini.
"Event ini akan dijadikan bagian promosi kekayaan Geopark Kaldera Toba seperti yang disampaikan BPNB Aceh yang selalu hadir guna pelestarian ulos serta peningkatan kesejahteraan para penenun ulos," ujar Tetty Naibaho.
Sebelum Fashion show ini, kurator BPNB Aceh Tetty Naibaho menyatakan bahwa telah melakukan Pemberdayaan dan Workshop 50 Penenun Ulos di Samosir, dilanjutkan dengan Gala Tenun Ulos Mangiring, Pameran Ulos dari Masa ke masa di TB Silalahi Centre hingga Fashion Desain di Huta Ginjang, Kabupaten Tapanuli Utara.
Bagaimana para model fashion ulos memadu aksi dan baju berbahan ulos nya, simak pada tayangan YouTube Channel Greenberita TV berikut ini ,



Loading...