Marnonang Bersama Lamhot Sinaga, "Saya Yakin Vandiko Gultom Mampu Bangun Samosir" (Part I) -->

VIDEO

Marnonang Bersama Lamhot Sinaga, "Saya Yakin Vandiko Gultom Mampu Bangun Samosir" (Part I)

Radio samoir Green
Jumat, 15 Oktober 2021


SAMOSIR, 
GREENBERITA.com- Selepas mengunjungi objek wisata Patung Kristus Bukit Sibeabea, Anggota DPR RI, Ir Lamhot Sinaga menemui dan ngopi bareng dengan kepala desa serta sejumlah warga.

Sambil ngopi, Lamhot Sinaga menyerap aspirasi masyarakat Kecamatan Harian Boho, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara (Sumut), pada Kamis (14/10/2021).
Di arung milik warga didepan lokasi objek wisata panorama alam di Bukit Sibeabea, Desa Turpuk Sihotang, Lamhot serius mendengarkan aspirasi yang terkesan santai tanpa sekat.
"Walau kunjungan ini tidak formal, namun saya menikmati suasana ini yang lebih mendekatkan kita dengan masyarakat kita," kata Lamhot Sinaga.
Bersama warga, Lamhot Sinaga mendengar perkembangan sektor pariwisata, pertanian dan berbagai kondisi infrastruktur dari warga.
"Saya kagum dengan panorama alam dengan objek wisata ini khususnya Sibea bea. Tadinya, ini tidak direncanakan. Namun isi diskusinya cukup menarik," sebutnya. Dia menyarankan agar warga sekitar untuk berinteraksi dengan setiap objek wisata dengan menawarkan kunjungan lain nya seperti atraksi dan penjualan souvernir guna meningkatkan perekonomian rakyat sekitar objek wisata.
Selain itu, Lamhot Sinaga juga membahas masalah sektor pertanian dengan komoditi pertanian yang dikembangkan oleh masyarakat.
"Meletakkan dengan perpaduan pariwisata dengan pertanian adalah konsep pariwisata yang sudah dilaksanakan oleh daerah lain. Artinya, perlu waktu dan proses dengan pembinaan terpadu," katanya.
Dengan ditunjuknya Danau Toba menjadi salah satu super prioritas pariwisata nasional, rakyat diminta ikut membangkitkan ekonomi kreatif masyarakat sekitar.
"Beberapa hal yang harus dipikirkan bagaimana menciptakan kerajinan berupa cinderamata dan souvenir berbasis kearifan lokal. Misalnya bahan berbau tenun ulos dan lainnya," katanya.
"Konsep pariwisata itu tidak hanya menjual view saja, namun harus didukung oleh atraksi. Karena kita kaya budaya yang diatraksikan. Tapi yang saya lihat saat ini, masih minim atraksi budaya dan perlu digali kembali oleh kabupaten kota di pinggiran Danau Toba," sebutnya lagi. Secara khusus Lamhot Sinaga memberikan keyakinannya atas kemampuan pemimpin muda Samosir yaitu Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom dalam membangun Kabupaten Samosir. "Saya yakin sepenuhnya Vandiko dapat beraksilerasi dengan pemerintah untuk membangun Samosir dengan berlari kencang ditengah guyuran dana pembangunan dari pemerintah kepada Samosir sebagai KSPN," jelas Lamhot Sinaga.
Dilihat dari keseriusan pemerintah dalam mewujudkan Danau Toba super prioritas, Lamhot menekankan perlu didukung oleh pelayanan dan ketersediaan infrastruktur yang memadai.
"Dalam hal ini pemerintah serius. Lihat saja progres pembangunan infrastruktur jalan dan infrastruktur layanan publik yang sedang berjalan saat ini. Nah, infrastruktur lain kita harapkan agar diperbaiki dan ditingkatkan seperti layanan publik, pelayanan jasa dan yang terpenting pelayanan dari pelaku pariwisata itu sendiri," pintanya.
Masyarakat menyambut baik atas kehadiran legislator di Kecamatan Harian Boho. Mereka berharap akan membawa dampak untuk mewujudkan aspirasi masyarakat.
"Kami berharap agar memikirkan dan mendukung pengembangan budaya dan kearifan lokal untuk memperjuangkan kalender tahun Batak menjadi kalender nasional dan lainya," kata Kepala Desa Turpuk Limbong, Viktor Sinaga.
Bagaimana Marnonang Lamhot Sinaga bersama warga ini, simak pada tayangan berikut ini.,







Loading...