Terbitkan 37 Sertipikat Tapak Tower, Bentuk Sinergitas PLN dengan Kantah Labuhanbatu -->

VIDEO

Terbitkan 37 Sertipikat Tapak Tower, Bentuk Sinergitas PLN dengan Kantah Labuhanbatu

Jumat, 27 Agustus 2021

 

Penyerahan 37 sertipikat yang dilakukan  Kakantah Labuhanbatu kepada GM PLN UIP Sumbagut/foto : ist

GREENBERITA.com || Sinergitas PT PLN (Persero) dengan jajaran Kementerian ATR/BPN terus membuahkan hasil. Kali ini terlihat saat Kantor Pertanahan (Kantah) Labuhanbatu menyerahkan 37 sertipikat tapak tower kepada PLN Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Utara (UIP Sumbagut).

Penyerahan sertipikat itu langsung dilakukan Kepala Kantah Labuhanbatu Drs Moren Naibaho, M.Si kepada General Manager PLN UIP Sumbagut Octavianus Padudung dalam kegiatan seremonial yang digelar di Rooftop, Lantai III Gedung PLN UIP SUMBAGUT, Jalan Dr. Cipto, Medan, Jum'at pagi (27/8/2021).

Turut mendampingi diantaranya Senior Manager Perijinan Pertanahan dan Komunikasi Cokky A.F.Yuska B,  Manajer Bagian Pertanahan Andi Rizky dan Alfredo Pakpahan Manajer UPP Sumbagut 3 Medan

GM PLN UIP Sumbagut Octavianus Padudung dalam keterangannya mengatakan, 37 sertipikat yang mereka terima merupakan salah satu bentuk pengamanan aset milik PLN yang tersebar di seluruh Kabupaten Labuhanbatu, termasuk diantaranya meliputi tapak tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET).

"Intinya, sertipikat tanah ini tidak hanya bermanfaat bagi PT PLN (Persero) namun juga untuk kepentingan umum. Di samping juga, sertipikat ini juga untuk menghadirkan kepastian hukum. 37 sertipikat yang terima ini, tentu sangat membantu dalam membangun tata kelola guna mendukung aktivitas penyediaan listrik" ucap Octavianus Padudung.

Secara rinci Padudung juga menjelaskan, untuk Labuhanbatu, ada 299 aset dan 92 diantaranya berada di lahan Hak Guna Usaha (HGU).

"Dari total itu, di tahun 2020, telah terbit 110 sertipikat. Tersisa 189 lagi. Di tahun 2021 ini kita menargetkan 97 sertipikat. Hingga Agustus ini, telah selesai dan kita terima 37 sertipikat. Dengan demikian sisa yang kita targetkan selesai sebanyak 60 tapak tower," urainya.

Sementara, Kakantah Labuhanbatu Drs. Moren naibaho, M.Si mengatakan, sesuai dengan komitmen Menteri ATR/BPN, pihaknya siap bersinergi dengan PLN dalam pelaksanaan persertipikatan setiap aset PLN sebagai salah satu BUMN.

Namun untuk menuntaskan itu semua, lanjut Moren, pihak menemui kesulitan, diantaranya terkait pemecahan SHM masyarakat dan lahan milik PTPN dan PT Swasta.

"Kendati demikian, kami siap mendukung secara maksimal dalam pensertipikatan aset negara ini. Diharapkan, bahwa dari pihak PT PLN (Persero) maupun kantor Pertanahan Kabupaten/Kota tetap terus meningkatkan sinergi," pungkasnya. (Yan)


Loading...