Buktikan Program 100 Hari, Vandiko: 300 Rumah Swadaya dan Akses Jalan Desa Dibuka di Samosir -->

VIDEO

Buktikan Program 100 Hari, Vandiko: 300 Rumah Swadaya dan Akses Jalan Desa Dibuka di Samosir

Radio samoir Green
Senin, 02 Agustus 2021

Bupati Samosir Vandiko Gultom

SAMOSIR, GREENBERITA.com-Tidak terasa, program 100 kerja Bupati dan Wabup Samosir akan selesai pada besok Selasa 3 Agustus 2021.


Tercatat, pemerintahan Bupati Samosir, Vandiko Gultom dan Martua Sitanggang sudah melakukan berbagai prestasi dan pencapaian dengan membuktikan visi dan misinya. 


Pernyataan itu disampaikan Bupati Samosir, Vandiko Gultom kepada wartawan, Senin 2 Juli 2021.


Menurutnya, Pemerintahan Kabupaten Samosir saat ini sudah melakukan berbagai terobosan dan salah satunya membuka jalan di beberapa desa dan sedang dilakukan sirtunisasi.


Kemudian pemerintahan ini juga berhasil melakukan penambahan 300 unit rumah swadaya bantuan dari Kementerian PUPR RI yang tersebar di beberapa desa di Kabupaten Samosir dan segera dibangun dalam waktu dekat.


"Kita telah membentuk lembaga adat dan memfasilitasi tarombo Batak melalui seminar yang kita lakukan beberapa waktu lalu," tegas Bupati Samosir.


"Yang pasti kami dari pemerintah terus bersinergi dan berkomunikasi dengan pemerintah pusat, provinsi untuk melaksakan berbagai program di Kabupaten Samosir secara khusus program 100 pemerintahan kami.  Dan, baru-baru ini saya juga telah memerintahkan supaya judi ditutup di Samosir dan mendorong semua pihak supaya Samosir harus bebas narkoba," kata Vandiko.


Untuk sektor ekonomi, Vandiko mengakui saat ini beberapa produk UMKM sudah tersaji dengan baik dan siap dipasarkan secara go-online seperti

bawang jadi bumbu, kacang jadi kacang goreng, mangga jadi minuman wine, kopi dan jahe menjadi bubuk siap hidang, kemiri jadi minyak dan semuanya sudah dikemas dan siap dipasarkan di pasar nasional dan internasional.


"Untuk pertanian, kami sudah mendistribusikan bantuan pupuk gratis dan juga pemberian bibit unggul untuk para kelompok tani," tambahnya.


Saat ditanyakan perihal beasiswa gratis, Vandiko Gultom mengaku, pemberian beasiswa gratis diberikan mulai Selasa 03 Agustus  dan akan terus diberikan kepada para siswa terlebih siswa yang berprestasi.


Lalu, perihal Pandemi Covid 19 yang saat ini mewabah, Vandiko juga menegaskan, setiap masyarakat desa yang terdampak mendapat perhatian dari pemerintah. Serta, bagi para petugas penyekatan, pemerintah mengakui akan terus memberikan dukungan dalam menjalankan tugasnya.


"Bansos saat ini sedang berjalan dan pemerintah terus melakukan sosialisasi 5 M di 128 desa dan pencegahan covid 19 dan semoga Pandemi ini segera berlalu,"  kata Vandiko mengakhiri.


 (GB-fres11)

Loading...