Sijago Merah Kembali Bakar 6 Rumah Warga di Sianjurmula, Samosir -->

VIDEO

Sijago Merah Kembali Bakar 6 Rumah Warga di Sianjurmula, Samosir

angga sagala
Minggu, 13 Juni 2021

Sijago Merah melahap 6 pintu rumah warga yang tidak dapat dipadamkan

SAMOSIR, GREENBERITA.com || 
 Kebakaran hebat kembali terjadi di Samosir, kali ini terjadi di  Dusun III, Sosornangka, Desa Habeahan Naburahan, Kecamatan Sianjur Mulamula, Kabupaten Samosir pada Minggu, 13 Juni 2021 sekitar Pukul 11.30 WIB. 


Sijago Merah melahap 6 pintu rumah warga yang tidak dapat dipadamkan petugas Damkar, baik karena lambatnya mobil Damkar tiba di lokasi juga akibat lokasi yang sulit dimasuki.


Kejadian kebakaran ini dibenarkan oleh Kapolsek Harian AKP Herman Sembiring ketika dikonfirmasi greenberita melalui selulernya pada Minggu, 13 Juni 2021


"Benar, terjadi kebakaran rumah warga di Desa Habeahan Naburahan, Sianjurmula mengakibatkan 6 pintu rumah warga habis terbakar dan tidak ada korban jiwa," ujar AKP Herman Sembiring.


Menurut saksi dilapangan yang ditemui greenberita, Josua Habeahan (15 tahun), api diduga berawal dari dapur rumah Mariden Habeahan (60 Tahun), hingga merembes ke 3 rumah yang jaraknya berdekatan, yaitu rumah Mangihut Situmorang (55 Tahun), Tiar Manullang (69 Tahun), Nurmala Tobing (61 Tahun) yang disewa oleh Organda Simbolon (35 Tahun).


"Aku lihat api itu menyala dari dapur, lalu aku berlari ke gereja untuk ngasih tau" ujar Josua.


Menyikapi lambat nya petugas Damkar Samosir melakukan pemadaman, Anggota DPRD Samosir Pantas Limbong yang juga berada dilokasi kejadian mengatakan bahwa dirinya sangat prihatin atas musibah yang menimpa masyarakat Desa Habeahan Naburahan. 


Kedepannya, Pantas Limbong berharap adanya perhatian dari pemerintah kabupaten terhadap para korban yang terkena musibah. 


"Pemkab Samosir sudah seharusnya memikirkan Unit pemadam ebakaran di setiap kecamatan di seluruh Kabupaten Samosir," harap Pantas Limbong.


Menanggapi itu, Camat Sianjurmula Rudi H Sitorus menegaskan sebelumnya telah membahas ini bersama kepala desa, DPRD dan tokoh masyarakat.


"Kami sudah pernah membahas ini dengan kepela desa, DPRD dan tokoh masyarakat beserta Polres Samosir" ujar Rudi H Sitorus.


Sementara itu, Kepala Desa Habeahan Naburahan, Awal Habeahan menerangkan setelah mengetahui kejadian langsung menghubungi pemadam kebakaran.


Dan berdasarkan kesepakatan bersama Camat, Anggota DPRD Pantas Limbong dan tokoh masyarakat, seluruh korban yang rumahnya hangus terbakar untuk sementara diinapkan di rumah-rumah warga Yang ditentukan.


Akibat insiden ini enam rumah dengan rincian empat rumah terbakar hangus dan dua rumah hanya mengalami kerusakan ringan.

 

Kerugian belum di ketahui menunggu konfirmasi karena para korban masih belum bisa dimintai keterangan dan masih  mengalami trauma.


(Gb-ambr03-Elim09)

Loading...