Notification

×

Iklan

Iklan

Jalan Rusak, Warga Larang Truk Masuk Kota Labuhan Batu

7 Apr 2021 | 14:17 WIB Last Updated 2021-04-07T13:35:25Z
Truk tersebut sempat diprotes dan dihadang sejumlah warga saat melewati Jalan Sirandorung

GREENBERITA.com
- Sebuah video truk trailer masuk ke tengah kota di Rantauprapat,Labuhan Batu 
 Utara(Sumut), Viral di media sosial. Truk tersebut sempat diprotes dan dihadang sejumlah warga saat melewati Jalan Sirandorung karena dianggap sebagai penyebab kerusakan jalan.

"Kejadiannya tadi bang, di Jalan Sirandorung. Rodanya ada 22, kuhitung. Aku merekamnya mulai dari Jalan Sirandorung sampai simpang empat, pos polisi," kata warga yang merekam video viral tersebut, Alqassam, kepada wartawan, Selasa (6/4/2021),rilis detik.com 


Alqassam mengatakan dia bersama beberapa warga Jalan Sirandorung lainnya sempat memberhentikan truk trailer tersebut. Mereka sempat berdebat dengan sopir truk tersebut, mempertanyakan alasan dan tujuan masuk ke tengah kota.


Sopir truk tersebut, kata Alqassam, kemudian menjawab truk itu mengangkut beras untuk diantar ke Jalan Agus Salim Rantauprapat. Si sopir juga menyebutkan nama sebuah toko sebagai pemilik truk itu.


Tindakannya tersebut, kata Alqassam, didorong karena dia merasa heran atas bebasnya truk-truk besar masuk ke tengah kota. Dia menilai itu menjadi penyebab jalan rusak yang sekarang banyak terjadi di Rantauprapat.


"Tadi sengaja ku ikuti (merekam) sampai pos polisi (lalu lintas) di simpang empat. Mau nengok ditangkap polisi nggak. Ternyata santai aja orang itu, bebas, lanjut terus," kata dia.


Terpisah, ketika dikonfirmasi, Kasat lantas Polres Labuhanbatu AKP Rusbenny mengatakan polisi tidak bisa melakukan tindakan terhadap truk besar yang masuk ke tengah kota. Alasannya, kata Rusbenny, belum ada peraturan daerah (perda) terkait larangan tersebut.


"Kita tidak bisa tindak, karena tidak ada perdanya. Belum ada payung hukumnya," kata Rusbenny. Demikian juga dengan Undang-Undang Lalu Lintas, disebut Rusbenny, tidak mengatur larangan tersebut. 

(gb-rizal/rel)