Notification

×

Iklan

Iklan

TNI Ajak Anak Perbatasan Papua Belajar Sambil Bermain di Pantai

29 Jan 2021 | 10:53 WIB Last Updated 2021-01-31T07:10:20Z

 

Pengetahuan wawasan kebangsaan kepada anak-anak di Kampung Skouw Mabo Distrik Muara Tami Kota Jayapura 
Jayapura-Papua,GREENBERITA.com - Sebagai wujud kepedulian terhadap masa depan anak Papua, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Ramil Tami melakukan inovasi memberikan pengetahuan wawasan kebangsaan kepada anak-anak di Kampung Skouw Mabo Distrik Muara Tami Kota Jayapura dengan menggelar kegiatan belajar mengajar di tepi Pantai Skouw Mabo. Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto, S.H., M.Han. dalam rilis tertulisnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Papua, Kamis (28/01/2021).



 


Menurut Dansatgas, kegiatan yang dilakukan oleh Pos Ramil Tami tersebut merupakan inovasi kreatif dalam memberikan pelajaran kepada anak-anak Perbatasan RI-PNG. “Di usia mereka saat ini, bermain dengan rekan sebayanya sangat dibutuhkan untuk membentuk karakter mereka,” ujarnya.


 


“Oleh sebab itu kami mengambil momen bermain sambil belajar supaya mereka juga memiliki bekal pengetahuan yang baik. Kami juga memilih suasana belajar di Pantai yang kebetulan sangat dekat dari kediaman mereka sehingga proses kegiatan belajar mengajar lebih mudah diterima mereka,” ungkap Mayor Anggun.


 


Sementara itu, Serda Dani yang merupakan anggota Pos Ramil Tami menyebutkan proses kegiatan belajar yang dilakukan oleh timnya. “Saat itu, kami melihat sekumpulan anak-anak yang sedang bermain di Kampung Skouw Mabo. Melihat mereka sedang berkumpul kami pun menghampirinya dengan menggunakan motor dan mengajak mereka untuk bermain sambil belajar di Pantai Skouw Mabo. Dengan riang mereka ikut dan naik ke dalam bak motor Tossa kami,” jelasnya.


 


“Sesampainya di Pantai, kami membuka kegiatan belajar dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersamaan. Setelah itu kami berikan mereka materi wawasan kebangsaan secara umum dan mendasar mengenai lambang negara, lagu nasional serta materi Kebangsaan lainnya,” tambahnya.


 


Dalam kegiatan tersebut ada hal yang menarik, dimana salah satu anak bernama Rudi Malo (7) yang mencurahkan kepada Serda Dani tentang keinginannya menjadi seorang Prajurit TNI. “Abang, nanti kalo sa su besar sa pengen seperti Abang dorang, sa pengen jadi Tentara biar bisa kasih mama deng bapa bangga,” ucapnya dengan optimis.


 


“Tidak ada yang tidak mungkin, kamu semuanya bisa jadi Tentara asalkan kalian tekun belajar dan jangan pakai barang haram seperti Miras dan Ganja karena bisa merusak masa depan kalian,” jawab Serda Dani kepada Rudi.