Pemkab Samosir Gelar Pelatihan Peningkatan Kualitas SDM Pengurus Koperasi. -->

VIDEO

Pemkab Samosir Gelar Pelatihan Peningkatan Kualitas SDM Pengurus Koperasi.

angga sagala
Selasa, 11 Agustus 2020

Pelatihan Peningkatan Kualitas SDM Pengurus Koperasi. 
SAMOSIR, GREENBERITA.com || Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan menggelar Pelatihan Peningkatan Kualitas SDM Pengurus Koperasi, yang berlangsung selama 3 (tiga) hari,  10-12 Agustus 2020 di Hotel JTS Parbaba. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Ir. Juang Sinaga, Senin (10/8).


Kadis Naker Koperindag Vikbon Simbolon menyampaikan bahwa pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas para pengurus koperasi yang ada di Kabupaten Samosir, yang diikuti oleh sekitar 40 orang pengurus koperasi dengan tetap mengikuti Protokol Kesehatan. Sumber dana pelatihan ini adalah dari DAK Non Fisik Kemenkop UKM RI TA. 2020. Adapun Narasumber yang dihadirkan adalah Drs. Unggul Sitanggang, M.Si (Dinas Koperasi dan UKM Provsu)  dan narasumber dari Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Samosir. 


Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga menyampaikan bahwa pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan ini, sebagai bentuk peningkatan Kualitas SDM perkoperasian di Kabupaten Samosir, dimana peran koperasi sangat berpengaruh penting dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu perlu kerjasama yang baik serta kedisiplinan pengurus dan seluruh anggota koperasi.

Koperasi sebagai badan usaha harus mampu menyesuaikan tuntutan zaman sesuai dinamika ekonomi, strategi persaingan bisnis dan pentingnya para pengurus untuk mengikuti perkembangan teknologi yang telah membawa perubahan perilaku ekonomi masyarakat dalam berproduksi dan berkonsumsi.

Informasi yang dikutip dari Humas samosir, Kabid Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM Propsu, Unggul Sitanggang, Kondisi koperasi Sumut berdasarkan online Data Sistem per Juli 2020 jumlah koperasi  di Sumut 11.777 Unit yang aktif 4.194.dan Kabupaten Samosir 142 Unit yang aktif 31 Unit untuk itu kita benahi kedepan dan membentuk koperasi sektor riil.

Mewujudkan koperasi yang sehat adalah mempunyai jumlah anggota,keaktifan anggota serta produktivitas anggota,harus menjaga keselamatan harta/kekayaan koperasi,sebut Unggul Sitanggang.


(gb-ars/rel)

Loading...