Peluang Usaha di Masa Pandemi, Formapera Sumut Tanam 1000 Bibit Jahe Merah -->

VIDEO

Peluang Usaha di Masa Pandemi, Formapera Sumut Tanam 1000 Bibit Jahe Merah

Jumat, 28 Agustus 2020

Ketua DPW Formapera Sumut Feri Afrizal bersama Ketua Bidang UKM Muslim Susanto sebagai penggagas berfoto bersama usai penanaman 1000 bibit jahe merah/foto : ist

DELISERDANG, GREENBERITA.com || Bukan hanya sebatas melakukan pemantauan terhadap kinerja aparatur, Forum Masyarakat Pemantau Negara (Formapera) sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), sejak awal berdiri turut berkomitmen hadir sebagai agen pembangunan untuk membantu kerja positif pemerintah.

Diantaranya lewat skema menciptakan peluang usaha yang diharapkan mampu mengurangi angka pengangguran secara perlahan. Terlebih di masa pandemi Covid-19 yang kini melanda negeri.

Komitmen itu pula yang turut ditunjukkan jajaran Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Formapera. Lewat Koordinator Bidang Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dipimpin Muslim Susanto, Kamis (27/8/2020) kemarin melaksanakan Program Kerja Penanaman Bibit Jahe Merah sebanyak 1000 bibit .

Untuk areal budi daya jahe itu adalah lahan tidur dikawasan Jl. Manunggal 2, Desa Amplas, Kec.Percut Seituan, Kab. Deliserdang.

"Atas arahan Ketua DPW Formapera yang diarahkan melalui bidang UKM nya, secara swadaya kami mengelola lahan tidur ini. Kami berharap kejelian ini dalam membuka peluang usaha yg baik dan dapat menciptakan nilai jual ekonomis yang menguntungkan. Tentu nantinya seluruh hasil dari pengelolaan jahe merah ini akan digunakan bersama demi kepentingan seluruh amggota," ungkap Muslim.

Pria yang segera menakhodai DPD Formapera Kab. Deliserdang itu jug mengaku, budi daya jahe merah merupakan salahsatu program unggulan mereka di bidang UKM.

"Dan sekarang program penanam bibit Jahe merah ini sudah berjalan. Alhamdullilah lahan kosong ini adalah lahan dari anggota kita dan bagaimana agar lahan yang tidak terpakai ini dapat kita gunakan dan menghasilkan sesuatu yang bernilai jual dan dapat menjadi sumber penghasilan bagi anggota kita," harapnya.

Mualim juga bertekad, lewat Formapera ia ingin berbuat sesuatu yang beda lewat bermain konsep dalam menciptakan peluang usaha dan mendapatkan keuntungan yang bisa dirasakan oleh seluruh anggota.

"Minimal apa yang kita buat ini adalah hal yang sangat positif. Kedepannya bukan saja menanam jahe merah saja yang akan kami buat. Ada beberapa lagi program yang akan kami buat dan ajukan ke Ketua DPW Formapera Sumut Abangnda Feri Afrizal agar mendapat persetujuan beliau. Setidaknya progam kita ini akan dapat dirasakan manfaatnya bagi Anggota dan Formapera itu sendiri," pungkas Muslim.

Sementara Ketua DPW Formapera Sumut Feri Afrizal yang turut hadir dalam prosesi penanaman bibit jahe itu mengaku sangat bangga dan menggapresiasi gebrakan yang dilakukan bidang UKM.

"Ini merupakan nilai plus bagi Formapera. Karena ditengah kesulitan akibat pandemi, disaat banyak orang mengeluh, tapi kita mampu berbuat dalam menciptakan peluang usaha. Semoga ke depan jajaran kita akan lebih kreatif ke masa depan sehingga manfaatnya bukan hanya dirasakan anggota tapi juga dirasakan masyarakat secara luas. Saya rasa Ketua DPN Formapera abangsa Yudhistira juga akan bangga akan hal ini," tutupnya. (Fai/rel)


Loading...