UPDATE : Kondisi Terkini Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung -->

VIDEO

UPDATE : Kondisi Terkini Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung

angga sagala
Selasa, 28 Juli 2020

Uskup Agung Medan. Mgr Kornelius Sipayung
MEDAN, GREENBERITA.com || Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Kota Medan dr Mardohar Tambunan menguraikan kondisi terkini dua lokasi tracing setelah Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung dinyatakan positif Covid-19.

Dia menyampaikan bahwa pihaknya tetap menunggu informasi terbaru dari pihak keuskupan terkait hasil swab di beberapa lokasi kontak tracing.

"Untuk yang di keuskupan, kita tahu bahwa komplek itu kan pastor ya, jadi sampai sekarang kita belum ada mendapat tambahan atau apa. Masih proses menunggu kita hasil swab-swab berikutnya," ujarnya yang Dilansir dari Tribun pada Selasa (28/7/2020).

Terkait dengan keadaan Uskup Agung Medan saat ini, dia mengatakan bahwa Mgr Kornelius Sipayung dalam keadaan stabil.


Pihak TGTPP Covid-19 Kota Medan juga senantiasa berkoordinasi dengan pihak keuskupan dalam penanganan kontak tracing pasca dinyatakannya Mgr Kornelius Sipayung positif Covid-19.


"Yang pasti, keadaan uskup itu stabil, enggak ada masalah sampai sekarang, dan kita sudah melakukan tracing itu di beberapa susteran," sambungnya.

Pihaknya saat ini sedang menunggu hasil swab dari lokasi kontak tracing dari pihak keuskupan.


"Termasuk yang di Hayam Wuruk dan di Johor. Kemungkinan berlanjut ke tempat lain, bisa-bisa saja. Akan kita lihat dulu hasilnya sejauh mana tracing kita apakah perlu penelusuran lebih jauh lagi atau enggak," lanjutnya.


"Kita sudah berkoordinasi dan berbicara dengan Gugus Tugas yang ada di keuskupan. Nanti juga kita akan menerima laporan dari mereka bagaimana hasil telusur tracing dari mereka," pungkasnya.


Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pemprov Sumatera Utara, Mayor Kes dr Whiko Irwan menyebutkan pihaknya terus berusaha melakukan tracking dan pengujian sampel spesimen swab terkait covid sebanyak mungkin.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui jumlah kasus positif sebanyak mungkin.

Hingga hari ini jumlah sampel swab yang telah diperiksa oleh tim medis tercatat sudah mencapai 20.394 spesimen. Jumlah ini bertambah dari jumlah sebelumnya yakni 20.059 spesimen.

Artinya dalam sehari tercatat ada sebanyak 335 sampel swab pasien terkait covid yang berhasil diperiksa.


Namun Jumlah pemeriksaan sampel spesimen per hari ini menurun jika dibandingkan dua hari sebelumnya yakni sebanyak 596 spesimen. Bahkan pada Sabtu kemarin jumlah spesimen yang selesai diperiksa hanya sebanyak 169 spesimen.


"Saat ini tercatat akumulasi jumlah spesimen warga di Sumut yang sudah diperiksa adalah 20.394 sampel. Bertambah 335 spesimen," ujarnya, Senin (27/7/2020) sore.

Dari total spesimen itu, angka akumulasi sampel yang selesai diperiksa tercatat meningkat sebanyak 2.693 dalam seminggu terakhir. Sebelumnya jika dibanding jumlah yang sempat diumumkan pada 20 Juli lalu sudah ada sebanyak 17.701 spesimen terkait Covid-19 yang diperiksa.

Artinya dalam satu Minggu terakhir rata-rata sekitar 336 spesimen yang mampu diperiksa per harinya oleh tim medis rumah sakit di Sumut yang menangani covid-19.

Adapun pemeriksaan ini dilakukan agar tracking dan penelusuran kasus covid semakin masif.

Dari hasil pemeriksaan seluruh spesimen itu, dr Whiko menginformasikan hingga saat ini tercatat total jumlah pasien positif sudah menembus angka 3.438 orang.

"Kasus konfirmasi 3.438 orang, sembuh meningkat menjadi 931 orang, suspek 398, dan korban jiwa meninggal 181 orang," pungkasnya.

(gb-ars/rel)


Loading...