Notification

×

Iklan

Iklan

Video: Ke Desa Hasinggan, Vandiko Gultom Terus Bantu Rakyat Atasi Pangan

18 Mei 2020 | 13:32 WIB Last Updated 2020-05-19T14:17:27Z
Vandiko-Raun terus bantu rakyat Samosir dan kali ini dilakukan diseluruh dusun Desa Hasinggahan
SAMOSIR,GREENBERITA.com- Wabah pandemi Virus Corona yang melanda hampir seluruh negeri di dunia menyebabkan ambruknya ekonomi masyarakat di Indonesia termasuk Kabupaten Samosir.

Salah satunya adalah ke Desa Hasinggahan dan Desa Bonan Dolok, Kecamatan Sianjurmula, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Tergerak dengan kesulitan warga ini, tim Relawan Vandiko-Raun menyeberang ke desa di pulau Sumatera yang ada dipinggiran pantai Danau Toba dengan melakukan pembagian beras dan masker di Desa Hasinggahan pada Sabtu, 16 Mei 2020. 

Dengan menggunakan armada Kapal Aksi Kemanusiaan Vandiko-Raun, tim relawan memulai keberangkatan dari pelabuhan Simanindo menuju Desa Hasinggahan.

Ada Dua Desa yang dikunjungi relawan Vandiko-Raun yaitu Desa Hasinggahan dan Desa Bonan Dolok. Di Desa Hasinggahan ada 3 dusun yang dilakukan pembagian beras yaitu dusun 3 Binangara, dusun 2 Final dan dusun 1 dari Lagundi serta Desa Bonan Dolok.

Relawan Vandiko-Raun dipimpin Raun Sitanggang yang didampingi Ober Gultom, dan tercatat ada 684 sak beras dan ratusan masker.

"Kedatangan kami untuk membantu warga akibat wabah covid 19, karena bagi kami bebagi itu penting untuk sesama "ucap Raun Sitanggang.

Pembagian beras dilakukan dengan cara mendata secara merata tanpa terkecuali mulai dari kalangan milenial tanpa berdasarkan data kartu keluarga.

Menurut rencana, tim Relawan Vandico-Raun akan datang kembali kedesa Hasinggahan untuk memberikan bantuan beras tanpa terkecuali.

Warga Desa Hasinggaan yang mendapatkan bantuan mengaku sangat terbantu dengan bantuan berupa beras dan masker ini ditengah wabah Covid-19 yang melumpuhkan ekonomi mereka.

"Sebagai warga hasinggaan berharap agar listrik bisa merata di Desa Hasinggaan dan bila Vandiko-Raun menang, saya berharap mereka mengabulkan janji menyalurkan aliran listrik termasuk di sibahal-bahal dusun 2 Desa Hasinggaan ini," ujar warga bermarga Sagala.

Sebelumnya, tim relawan Vandiko-Raun juga melakukan pembagian ke Desa Silima Lombu yang berada di Kecamatan Onan Runggu Kabupaten Samosir.

Masyarakat desa yang pernah dikunjungi oleh Raja dan Ratu Belanda ini mulai merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokoknya, dan sahabat Vandiko-Raun tergerak hatinya mengunjungi desa ini, guna memberikan bantuan beras pada Kamis, 14 Mei 2020.

Kordinator Sahabat Vandiko-Raun di Kecamatan Onanrunggu, Japudan Samosir menjelaskan bahwa pembagian Sembako di Onan Runggu dilakukan secara bertahap.

"Hari ini kita membagikan beras di desa Silimalombu, besok kita akan mendistribusikan beras di desa Pakpahan dan akan dilanjutkan ke desa lainnya. Hal ini dilakukan guna menghindari kerumunan massa," ujar Japudan Samosir.

Sementara itu, Herdon Samosir yang turut hadir ke Silima Lombu mengatakan pembagian kebutuhan pangan kepada warga tidak lepas dari kepedulian dari Vandiko yang pulang untuk melayani dan mengabdi di Bona Pasogit Samosir.

"Sebelumnya, dalam menghadapi situasi ini, relawan Vandiko telah membagikan ratusan ribu masker kepada masyarakat dan saat ini, kita membagikan kebutuhan pangan," ujar Herdon Samosir.

Sahabat Vandiko Gultom memberikan beras sebesar 5 kilogram persaknya untuk masing-masing orang dewasa.

Kemudian, Vandiko-Raun juga terus bergerak melakukan aksi kemanusiaan dan yang terakhir bertempat di pinggir pantai dan Huta Baringin Desa Sitolu Huta Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.

Kegiatan sosial yang dilaksanakan pada Jum'at 08 Mei 2020 ditujukan kepada para Partonun (penenun ulos,red) yang ada di desa tersebut. Adapun bantuan yang diberikan berupa beras, minyak goreng dan gula ini diserahkan langsung Raun Sitanggang, yang merupakan pasangan Vandiko Timotius Gultom.

Ketika dikonfirmasi greenberita, alasan pemberian prioritas kepada para Partonun, Raun Sitanggang mengatakan bahwa sebenarnya semua lapisan warga terkena dampak dari covid-19 .

"Namun ada pertimbangan dimana para partonun ini sudah melakukan kegiatannya, tapi  hasilnya tidak laku dijual dipasar sehingga modalnya ikut terbenam. Sehingga bantuan ini diharapkan dapat memberikan kemampuan warga memenuhi kebutuhan dasar di keluarganya masing-masing sambil menunggu perekonomian akibat Corona ini pulih kembali," tegas Raun Sitanggang.

Raun juga menyatakan kedepannya komunitas ini juga akan dapat bantuan program peduli Vandiko-Raun kembali berupa satu karung untuk satu orang dewasa nantinya. 

Didalam kegiatan ini Raun didampingi oleh sahabat Vandiko-Raun lainnya seperti Sasnaek Naibaho, Asden Sitanggang, Diki Gultom, Rosinta Sitanggang, Belman Naibaho dan lainnya.

Turut hadir dalam acara tersebut beberapa tokoh pemuda dari kalangan Pomparan Raja Sitempang diantaranya Hatoguan Sitanggang. 

"Secara pribadi saya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut yang memberikan bantuan kepada rakyat Samosir," tegasnya.

Menurut Hatoguan Sitanggang ketika dimintai sikap politik keturunan dari Raja Sitempang yang akan diusung pada Pilkada 2020 nanti, mengatakan akan mendukung siapapun itu orangnya dari turunan Raja Sitempang yang secara resmi didaftarkan ke KPU Samosir.

Kemudian pada Sabtu, 2 Mei  2020, relawan Vandiko Gultom juga melakukan aksinya di Desa Toguan Galung, sebuah desa yang berada didaerah perbukitan Kecamatan Nainggolan dan akibat pandemi Corona, masyarakat desa inisangat kesulitan memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari.

Tidak kurang ada 1,5 ton beras diberikan relawan Vandiko Gultom kepada para perangkat desa Toguan Galung untuk dibagikan kepada penduduk didesa tersebut. 

Pernyataan ini dibenarkan oleh Tulus Lumban Tungkup, salah seorang relawan Vandiko Gultom ketika dikonfirmasi greenberita pada Minggu, 3 Mei 2020 di Kecamatan Nainggolan.

"Benar, kita telah melakukan aksi berbagi sembako kepada warga Desa Toguan Galung," tegas Tulus Lumban Tungkup.

Menurutnya, peyerahan 1,5 ton beras langsung kepada perangkat desa untuk menghindarkan terjadinya kerumunan masaa di desa. "Ini sesuai dengan himbauan pemerintah, biarlah perangkat desa yang membagikannya," tambah Tulus, mantan anggota DPRD Samosir ini.

Sementara itu, Relawan Vandiko Gultom juga melakukan pembagian kepada posko Tim Relawan Pencegahan Cobid-19 di Desa Aek Sipitudai, Kecamatan Sanjurmula, Samosir.

"Benar, kita telah melakukan aksi berbagi sembako kepada komunitas relawan yang ada di Sianjurmula," tegas Pahala Simbolon.

Senada, Jaharap Habeahan menyampaikan apresiasi kepada Vandiko Gultom yang terus melakukan Aksi Kemanusiaan untuk warga Samosir tanpa motif politik apapun.

"Kita apresiasi gerakan murni Vandiko Gultom yang terus melakukan aksi kemanusiaan kepada rakyat Samosir," ujar Jaharap Habeahan, seorang warga Sianjurmula.

Lalu, pasangan Vandiko Timotius Gultom-Raun Sitanggang kembali membagikan kebutuhan pangan berupa beras di kecamatan Nainggolan tepatnya di Desa Sinaga Uruk Pandiangan dan desa Nainggolan pada Kamis, 07 Mei 2020.

Ketua kordinator kecamatan pemenangan Vandiko Gultom-Raun Sitanggang wilayah kecamatan nainggolan, Freddy Tulus Lumban Tungkup mengatakan bahwa pembagian beras (kebutuhan pangan) kepada masyarakat sudah dilakukan sejak empat hari yang lalu.

"Guna meringankan beban masyarakat akan dampak Virus Corona, pasangan Vandiko-Raun telah membagikan beras kepada warga. Untuk wilayah kecamatan Nainggolan pendistribusian beras sudah kita lakukan sejak tanggal 04 mei lalu," ungkap Tulus Lumba Tungkup.

Adapun desa yang telah di disalurkan dinainggolan yakni desa Sinaga Uruk Pandiangan, Toguan Galung, Pangaloan, Sipinggan Lumban Siantar, desa Nainggolan dan kelurahan Siruma Hombar.

"Seluruh desa yang di Nainggolan, akan kita salurkan, hanya saja kita lakukan secara bertahap, serta pendistribusian nya kita lakukan ketiap tiap dusun desa  dan door to door ke rumah warga, guna menghindari kerumunan massa," lanjutnya.

Adapun kriteria warga yang menerima beras, Tulus Lumban Tungkup menjelaskan bahwa kebutuhan pangan dari Vandiko Raun terbuka untuk masyarakat umum.

"Pembagian Sembako terbuka untuk masyarakat Samosir, tanpa pandang bulu dengan catatan telah mendaftarkan diri ke kordinator desa. Sembako yang di distribusikan, diperuntukkan kepada orang tua dan desawa yang telah berumur 17 tahun ke atas," terang Tulus Lumban Tungkup.

Terpisah, salah satu warga desa Sinaga Uruk Pandiangan, Manatap Juara Sinaga mengapresiasi atas kepedulian dari Vandiko Gultom, kepada masyarakat yang terdampak wabah Virus Corona.

"Kami masyarakat berterima kasih atas kepedulian dari Vandiko Gultom-Raun Sitanggang yang telah memberikan beras kepada masyarakat," ungkapnya.

Sebelum ada wabah Virus Corona, Manatap Juara Sinaga, menjelaskan bahwa di desanya tersebut para petani mengalami gagal panen.

"Terlepas dari dampak covid-19 yang mengakibatkan ekonomi masyarakat lemah, sebelumnya juga warga desa Sinaga uruk pandiangan, khususnya warga yang bertani di persawahan sipakko telah mengalami gagal panen akibat musim kemarau yang berkepanjangan pada beberapa bulan lalu," lanjutnya.

Manatap Juara Sinaga juga berharap kepada pasangan Vandiko-Raun untuk menjalankan program visi dan misi mereka ketika dipercaya dalam memimpin Samosir mendatang.

"Program visi misi Vandiko-Raun yakni pembangunan saluran irigasi dan air bersih sangat menyentuh hati juga merupakan kebutuhan masyarakat. Harapan kami kepada Vandiko-Raun, visi tersebut menjadi program prioritas bagi mereka ketika memimpin Samosir mendatang, demi kesejahteraan masyarakat, khususnya dikalangan petani," tuturnya.

Tampak pembagian sembako kepada warga desa Sinaga Uruk Pandiangan dan desa Nainggolan juga dihadiri ibunda Vandiko Timotius Gultom, ibu B. Panjaitan yang di dampingi Nauli Sister.***

Saksikan Video Relawan Vandiko-Raun ke Desa Hasinggahan:





(gb-Ambros04)