Notification

×

Iklan

Iklan

Syukuran Revitalisasi Tugu, Pomparan Oppu Tuan Situmorang Gelar Pesta Adat Budaya

23 Agu 2019 | 12:44 WIB Last Updated 2019-08-27T04:59:41Z
Tugu Oppu Tuan Situmorang Pasca Revitalisasi
SAMOSIR,GREENBERITA.com- Mengucap syukur atas suksesnya revitalisasi tugu nenek moyangnya, seluruh keturunan Pomparan Keluarga Besar Oppu Tuan Situmorang mengadakan Pesta Adat Budaya Batak pada tanggal 13 sampai 15 September 2019, yang dipusatkan di Desa Urat, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir.

Pergelaran Syukuran dan Pesta Adat Budaya Batak Keturunan Oppu Tuan Situmorang ini setiap harinya akan diisi acara menarik dan patut dikunjungi para wisatawan yang akan berkunjung ke Samosir nantinya.
Hal ini dibenarkan oleh Ketua Panitia Lokal Syukuran Revitalisasi Tugu Oppu Tuan Situmorang melalui Koordinator Seksi Komunikasi, Informasi dan Dokumentarsi Ny. Rohani Situmorang Br. Bakara ketika dikonfirmasi greenberita.com pada Jumat, (30/8/2019).

"Horas warga Samosir serta seluruh keluarga besar keturunan Oppu Tuan Situmorang sedunia. Mensyukuri suksesnya revitalisasi Tugu Oppu Tuan Situmorang di Desa Urat, Palipi, kami akan mengadakan pergelaran Pesta Adat Budaya Batak dari tanggal 13 sampai 15 September 2019 nanti. Ayo bersama kita menghadirinya, karena ini sebuah event yang juga tak kalah menarik bagi para wisatawan yang sedang berkunjung ke Samosir," ujar Ny. Rohani Situmorang Br. Bakara yang kesehariannya adalah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Samosir.

Panitia Lokal Syukuran dan Pesta Adat Revitalisasi Tugu Oppu Tuan Situmorang Lakukan Rapat Finalisasi Persiapan, (20/8/2019)
Adapaun acara budaya yang akan ditampilkan setiap harinya adalah.pada hari pertama Jumat, 13 September 2019 diadakan Pesta Rakyat berupa pergelaran lagu-lagu rohani musisi kharismatik Nahum Situmorang serta seluruh lagu-lagu ciptaan keturunan bermarga Situmorang sedunia.
Lalu diikuti Tarian Tumba Massal Anak-anak seluruh pomparan Oppu Tuan Situmorang  dan pembacaan puisi ciptaan budayawan kondang Sitor Situmorang diikuti drama Opung Tuan Situmorang yang dibawakan para generasi muda Oppu Tuan Situmorang.

Ada juga Aksi Sosial berupa Pengobatan Gratis dan Pembagian Kaca Mata Baca Gratis untuk 300 warga Samosir yang hadir dan ditutup penampilan Tortor Sipitu Ama dan Ritual Adat Batak Patakkok Ogung Sabangunan.

Dan pada hari kedua, Jumat,(13/9/2019) akan diadakan Pesta Adat dan Mangalahat Horbo.

Sedangkan pada hari terakhir,Minggu, (15/9/2019), dilakukan makan bersama yaitu Mangallang Sipitudai yang dihadiri seluruh keturunan keluarga OppuTuan Situmorang.

Bagi para wisatwan, menikmati event seperti ini akan semakin memanjakan menikamati kekayaan budaya batak yang sesungguhnya dialam yang indah dan Pusat Geopar kKaldera Toba. 

(gb-ferndt)