Notification

×

Iklan

Iklan

Bolehkah Memakai Kaus Kaki Sepanjang Malam

19 Nov 2018 | 15:15 WIB Last Updated 2019-11-10T13:31:30Z
Ilustrasi
Green Berita - Kaki yang dingin mungkin menjadi alasan mengapa Anda gelisah saat tidur. Ketika kaki Anda dingin, ini akan menyempitkan pembuluh darah dan menyebabkan berkurangnya sirkulasi darah. Menurut National Sleep Foundation, menghangatkan kaki sebelum tidur dapat membantu memberi sinyal tidur pada otak yang kemudian dapat mengarahkan Anda untuk segera tidur.

Cara termudah untuk menghangatkan kaki Anda ialah dengan mengenakan kaus kaki. Mengenakan kaus kaki saat tidur merupakan cara paling aman untuk menjaga kaki tetap hangat semalaman.

Selain menjaga kaki tetap hangat, memakai kaus kaki sepanjang malam juga memberikan manfaat lebih, seperti:

Mencegah tumit pecah-pecah

Mengenakan kaus kaki katun dapat membantu melembapkan kulit, sehingga ini dapat mencegah tumit yang pecah-pecah akibat terlalu kering.

Menurunkan risiko penyakit raynaud

Penyakit raynaud merupakan suatu kondisi ketika area kulit yang terkena (biasanya kaki dan jari-jari kaki) kehilangan sirkulasi dan mulai membengkak. Mengenakan kaus kaki di malam hari dapat membantu mencegah serangan ini dan menjaga kaki tetap hangat.

Mencegah hot flashes

Hot flashes merupakan sensasi kepanasan hebat yang datang dari dalam tubuh, dan bukan disebabkan oleh perubahan temperatur atau cuaca di lingkungan sekitar. Hot flashes biasanya terjadi pada wanita yang mengalami menopause. Menggunakan kaus kaki sepanjang malam dapat mendinginkan suhu inti tubuh mereka.

Pastikan Anda tidak mengenakan kaus kaki yang terlalu ketat, karena ini malah akan meghambat sirkulasi darah di kaki Anda. Jika Anda merasa kepanasan saat memakai kaus kaki di malam hari, segera lepaskan kaus kaki Anda.

Selain memakai kaus kaki, cara lain untuk membuat kaki Anda tetap hangat ialah dengan merendam kaki di air hangat. Ini juga dapat membantu Anda yang mengalami kelelahan bahkan insomnia. Mandi air hangat atau merendam kaki dalam air hangat juga dapat meningkatkan suhu tubuh dan membuat Anda tidur lebih mudah.(Ihealt)