Wajib Tahu, Ini Tujuh Tips dan Cara Sederhana Agar Hidup Bebas Hutang

VIDEO

Wajib Tahu, Ini Tujuh Tips dan Cara Sederhana Agar Hidup Bebas Hutang

Green Berita
Jumat, 26 Oktober 2018

Green Berita - Sebenarnya berhutang bukanlah hal yang salah, asalkan caranya sesuai syariat islam atau tidak terdapat unsur ribawi. Selain itu, agar hutang tidak memberatkan keuangan Anda, pastikan jumlah hutang tidak lebih besar dari pada penghasilan yang Anda miliki. Sebaliknya jika Anda nekat berhutang dengan cara yang melanggar syariat atau mengandung unsur ribawi, maka sudah bisa dipastikan jika Anda akan mengalami banyak kesusahan akibat bunga yang mencekik dan cicilan yang jatuhnya lebih besar dibandingkan jumlah hutangnya. Nah, mengingat beratnya hidup terlilit hutang, sebaiknya kita memahami betul bagaimana cara mudah agar terbebas dari hutang, diantaranya :
•    Ubah gaya hidup Anda
Hampir semua orang pasti ingin terlihat “wow” di depan orang lain. Perasaan itulah yang mendorong orang untuk berlomba-lomba menjadi yang terbaik dan terhebat.  Sayangnya demi terlihat “Wow”, orang rela menempuh jalan salah yakni nekat berhutang. Tanda disadari, impiannya yang diluar kemampuan membuatnya terjerat dalam hutang yang tak berkesudahan.
•    Mengatur pengeluaran dengan bijak
Besar pasak daripada tiang artinya besar pengeluaran dibandingkan penghasilan. Jika hal ini terjadi, maka bukan tidak mungkin jika hidup Anda akan terus berada dalam jeratan hutang. Atus pengeluaran dengan cermat dan bijak agar Anda tidak merugi di kemudian hari. Utamakan membeli kebutuhan dan bukan keinginan agar pengeluaran menjadi lebih efektif.
•    Jangan jadikan utang sebagai solusi
Cara termudah agar terbebas dari utang ya jangan berhutang. Jadi apapun yang terjadi, pastikan jangan menjadikan utang sebagai solusi. Lebih baik berhemat tingkat tinggi dari pada harus berhutang
•    Berhemat
Hemat itu pangkal kaya, merupakan pepatah yang wajib diterapkan dalam hidup. Jadi meski kita tengah banyak uang, pastikan jangan foya-foya karena kita tidak tahu datangnya ujian kesempitan/kekurangan yang akan datang sewaktu-waktu. Kebiasaan berhemat membuat Anda memiliki kelebihan uang yang bisa ditabung untuk persediaan saat dibutuhkan.
•    Biasakan menabung
Menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung sangatlah wajib untuk mengantisipasi biaya-biaya yang tak terduga, misalnya : tiba-tiba sakit, keluarga ada yang meninggal, biaya anak sekolah, dan lainnya.
•    Banyak berdoa
Berdoa bisa mengubah hidup Anda menjadi lebi baik. Karena itu, selain usaha, pastikan jangan pernah lupa untuk berdoa agar senantiasa terbebas dari jerat utang yang menyengsarakan. Berdoalah dengan penuh kesungguhan, agar Allah akan memberikan pertolongan.
•    Perbanyak bersedekah
Meski kondisi Anda pas-pasan, tapi jangan pernah lupa untuk bersedekah karena sedekah bisa membantu melancarkan rejeki.
Jika Memang terpaksa berhutang, maka pastikan simak cara berikut agar segera terbebas dari hutang :
•    Hindari membayar utang dengan cara Berhutang
Jika Anda memiliki utang, pastikan untuk hidup lebih hemat lagi agar penghasilan Anda cukup untuk membayar hutang. Jangan sampai membayar utang dengan uang hasil utang, karena justru cara itu yang membuat Anda sulit terbebas dari utang.
•    Carilah penghasilan tambahan
Jika Anda memiliki waktu luang, tidak ada salahnya mencari penghasilan tambahan agar uang segera terlunasi. Tapi tetap saja Anda wajib menjaga kesehatan tubuh, jangan sampai kelelahan membuat Anda sakit. Karena sakit hanya akan menambah pengeluaran yang mempersulit kondisi Anda.
•    Bayar hutang tepat waktu
Bayar hutang tepat pada waktunya, karena menunda bayar utang hanya membuat Anda harus bayar denda. Daripada buat bayar denda, bukannya lebih baik untuk memenuhi kebutuhan Anda?
Meski tak mudah untuk menghindari utang, namun semoga tujuh cara mudah agar hidup bebas utang diatas bisa membuat kualitas hidup kita menjadi lebih baik lagi.(Viva)


loading...