Notification

×

Iklan

Iklan

Kebiasaan Menggunakan HP Bisa Rusak Keharmonisan Rumah Tangga

23 Okt 2018 | 12:11 WIB Last Updated 2019-11-10T13:48:30Z
Ilustrasi Foto
Green Berita – Apakah Anda sering merasa kesal setiap kali pasangan mengeluarkan ponselnya di tengah obrolan dan lebih memprioritaskan ponselnya daripada Anda? Ya, kebiasaan pasangan ini perlahan bisa merusak hubungan Anda dan sebuah studi telah membuktikannya.

Menurut studi yang dilakukan oleh Baylor University di Texas, 'phubbing' atau mengabaikan sekitar karena fokus dengan gadget memiliki potensi menghancurkan hubungan romansa Anda. Riset ini dilakukan pada lebih dari 450 orang untuk menganalisa dampak 'phubbing' pada hubungan.

Bahkan kebiasaan ini mengalami peningkatan dan 46 persen partisipan mengaku mendapat perlakuan tersebut dari pasangannya.

Dilansir dari laman Times of India, studi tersebut menemukan bahwa 23 persen pasangan mengaku mengalami konflik dalam hubungan mereka karena 'phubbing' dan hal ini memicu menurunnya kualitas hubungan mereka.

Yang mengejutkan, studi ini mengindikasikan bahwa 'phubbing' dikaitkan dengan depresi dan bahkan 36,6 persen partisipan melaporkan adanya perasaan tertekan setidaknya pada beberapa waktu tertentu.

"Kadar kepuasan hubungan yang menurun ini, akibatnya, memicu menurunnya kadar kepuasan hidup, dan pada akhirnya, kadar depresi yang semakin tinggi," ujar James A. Roberts salah satu peneliti.

Peneliti lain dalam studi ini, Meredith David, sesuatu yang umum seperti penggunaan bisa merusak fondasi kebahagiaan kita, dan hubungan romansa kita dengan pasangan. Karena itu, sebelum kerusakannya tidak bisa diperbaiki, para peneliti mengatakan untuk mengendalikan penggunaan ponsel Anda.

Mungkin Anda bisa memulainya dengan menyimpan ponsel selama setidaknya 1,5 jam sebelum tidur. Sudah waktunya kita memulai berkomunikasi dengan pasangan di kehidupan nyata dibandingkan menghabiskan waktu di dunia maya.(Viva)